Wisata Edukasi

Tugas (BTIK) Wisata Edukasi

19 Agustus 2017.
Pada hari ini kita, anak-anak angkatan 26 akan melaksanan study tour pertama kita sejak berada di Labschool. Kita akan melaksanakan study tour di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang dikenal sebagai PUSPITEK, setelah kita ke PUSPITEK kita akan melanjutkan perjalan kita ke Taman Mini Indonesia Indah atau yang dikenal sebagai TMII. Di study tour ini kita akan dikasih tugas juga, yaitu tugas individu berupa Lembar Kerja Siswa atau LKS yang akan dikerjakan oleh setiap siswa dan siswi di setiap tempat yang kita kunjungi, dan tugas kelompok berupa video tentang perjalanan atau dokumentasi kita selama study tour ini.

Jam 06:30
Kita diinstrusikan untuk sampai di sekolah sebelum pukul 06:30 dan kita berkumpul sekitar jam 06:30 di hall masjid untuk pembukaan bersama kakak kelas 9. Pada apel pembukaan kita ada pembukaan oleh bapak sarmili dan bapak – ibu guru lainnya, kita juga diinstruksikan untuk berdoa dan dikasih tahu pembagian bis kelas 7 maupun kelas 9, sekitar kurang lebih 30 menit kita mengikuti acara apel pembukaan.


Inline images 1
*apel pembukaan

Jam 07:00
Sekitar jam 07:00 kita mulai diinstruksikan untuk mulai menaiki bis, sesaat kita menaiki bis kita dikasih roti coklat untuk makan pagi. Destinasi pertama kita adalah PUSPITEK, perjalanan ke PUSPITEK memakan waktu sekitar 1 jam, selama perjalan kelasku ada yang bernyayi dan ada juga yang sibuk memvidiokan perjalanan menuju PUSPITEK.

 Sekitar jam 08:00
Bis kita sudah sampai di PUSPITEK sekitar jam 08:00. Di saat bis kita parkir kita langsung diinstruksikan untuk berjalan menuju auditorium PUSPITEK, disana akan berlangsung acara pembukaan bersama pihak PUSPITEK. Pertama-tama kita ada pembukaan dari pihak PUSPITEK, selanjutnya kita dikasih tahu sedikit tentang sejarah PUSPITEK dan laboratorium PUSPITEK, sehabis itu ada sesi tanya jawab, yang diwakili oleh 4 siswa dan siswi Labschool, setelah sesi tanya jawab pihak PUSPITEK menayangkan sebuah video yang bertemakan sejarah dan fungsi atau kegunaan PUSPITEK, setelah penayangan video acara selanjutnya adalah pembagian souvenir dari pihak Labschool maupun dari pihak PUSPITEK. Setelah itu kita ada insturksi untuk pembagian laboratorium untuk setiap kelas. Acara ini diakhirkan dengan photo bersama. Acara ini berlangsung kurang lebih 1 satu jam.

 Inline images 2
*photo bersama PUSPITEK

Sekitar jam 09:00
Kita diinstuksikan untuk mulai berjalan ke bis, untuk melakukan perjalanan ke laboratorium sekitar jam 09:00. Saat perjalan ke laboratorium kita dikasi tour sedikit tentang lingkungan PUSPITEK. Berhubung saya 7D, saya melakukan perjalan ke laboratorium bioteknologi, kita didampingi oleh bu Wiwit dan Omjay. Sesampainya kita disana kita langsung disambut oleh bapak laboratorium yang siap menjelaskan tentang laboratorium bioteknogi, pertama-tama ada sesi pengenalan diri, bapak Hussein mengenalkan dirinya terlebih dahulu dan apa bagian kerjanya, setelah itu beliau menjelaskan kita tentang fungsi dan kegunaan laboratorium bioteknologi. Sesudah itu beliau melakukan sesi tanya jawab. Sesudah sesi tanya jawab beliau menunjukkan tiga laboratorium berbeda dan mejelaskan fungsi daan kegunaan laboratorium tersebut dan alat-alat yang berada di laboratorium tersebut. Sesudah melakukan tour kita berphoto bersama di depan laboratorium tersebut.

Inline images 3
*photo bersama di depan laboratorium

Sekitar jam 10:00
Sehabis tour di laboratorium, sekitar jam 10:00 kita disuruh berkumpul lagi di dalam bis, selagi menunggu kelas lain selesai, kita disuruh ganti baju angkatan dan ke toilet, sehabis itu kita dikasih makan kfc untuk makan siang. Kita menunggu sekitar lima belas menit dan sehabis itu kita melanjutkan perjalanan ke TMII.

Sekitar jam 12.00
Sesampai di TMII kita langsung menuju ke masjid pangeran diponogoro untuk melaksananakan sholat dzuhur, sesudah sholat dzuhur kita diinstruksikan kembali ke bis untuk memulai perjalanan ke planetarium.

Inline images 4
*masjid pangeran diponogoro

Sekitar jam 12:30
Kita selesai sholat + perjalanan ke planetarium sekitar 30 menit, sesampai di planetarium kita langsung diinstruksikan untuk menuju ke auditorium planetarium, disana kita disambut oleh pihak planetarium. Disana kita juga bisa lebih mengetahui luar angkasa dengan meonton video yang ditayangka oleh pihak planetarium. Video tersebut membahas satu persatu tentang planet dan benda angkasa lainnya. Acara ini memakan kurang lebih satu jam.

Sekitar jam 13:30
Saat selesai menoton video tetang planet dan benda luar angksa lainnya, kita diinstruksikan untuk pergi ke dalam planetarium, didalam planetarium ada berbagai macam fakta-fakta dan pengetahuan soal dunia luar angkasa. Mulai dari mitos,teori, jarak planet ke matahari, miniatur roket, orang-orang Indonesia yang pernah ke luar angksa, truk pengangkut roket, dan masih banyak lagi. Selain itu ada wahana permainan rollercoaster 3D selagi menunggu wahana tersebut kita dikasih pizza hut.

Sekitar jam 17:00
Sehabis bermain wahana kita kembal ke masjid pageran diponogoro untuk melaksanakan sholat ashar dan maghrib, sehabis sholat kita langsung kembali ke sekolahan.

Raisha 7D
absen 29

Comments

Post a Comment

Popular Posts