P A S K I B R A



PASKIBRA

Untuk hari ini saya akan menceritakan salah satu ekskul yang saya ikuti di sekolah, ekskul ini bernama paskibra. Paskibra adalah kependekan dari pasukan pengibar bendera, untuk latihan kita berlatih setiap hari senin untuk kelas 7 dan biasanya hari jumat untuk kelas 8.

 Kegiatan ekskul untuk kelas 7 adalah, pertama-tama kelas 7 akan menjadi CAPAS atau kepanjangannya adalah calon penerus. Untuk menjadi penerus, kelas 7 akan dibimbing dengan kakak-kakak senior. Materi-materi yang akan diajarkan terdiri dari 12 gerakan dasar dan materi sejarah pengibaran bendera. Sehabis diajarkan 12 gerakan dasar atau ilmu-ilmu dasar tentang paskibra kelas 7 akan dilantik menjadi penerus, ketika sudah dilantik kita akan mendapatkan lencana harian atau yang lebih dikenal dengan LH dan juga kita akan mendapatkan pakaian dinas latihan atau PDL. Pakaian dinas latihan labschool ada tiga warna, yaitu warna merah, biru muda, dan biru tua. Warna itu akan diturunkan dari purna ke capas.

Sehabis menjadi penerus, ketika naik menjadi kelas 8 kita akan menjadi senior yang tugasnya adalah mengajar adek kelas 7, sebelum itu kita akan melakukan pelantikan mahir. Pelantikan mahir dilakukan ketika kita mau menjadi senior dari penerus. Di kelas 8 kita akan mendapatkan jabatan. Jabatannya terdiri dari ketum dan waketum, sekretaris, protokoler  pamlat, bimlat, keslat dan juga humas. Setiap jabatan memiliki koordinat kecuali ketum,waketum dan sekretaris. Koordinat bertugas untuk mengkordinir anggota jabatan itu sendiri.

Saya memilih ekskul ini karna saya ingin menjadi lebih disiplin dan mengetahui pelajaran baris berbaris. Pelajaran yang sudah saya terima adalah PBB, tata cara makan yang benar dan beberapa lagu yang ada di paskibra.dan mengajarkan kita untuk disiplin, menghargai waktu,tidak memilih milih makanan, solidaritas dengan angkatan sendiri dan belajar untuk hidup mandiri.Untuk mengikuti ekskul ini kalian harus membayar seharga 400 ribuPengalaman yang kita dapatkan sangatlah berharga. Untuk itu saya sanagat menyarankan kalian untuk bergabung di paskibra smp labschool Jakarta, sekian dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya


berikut adalah photo kita saat pelantikan:




Comments

Post a Comment

Popular Posts